Senin, 06 April 2009

Garis – Garis Besar Sejarah HIMABSII

Oleh: Yusradi Usman al-Gayoni
(Pasar VI Padang Bulan Medan, 5 April 2009)


HIMABSII atau Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia merupakan sebuah organisasi yang mewadahi seluruh jurusan bahasa dan sastra Inggris se-Indonesia. Pada tahun 1988, dirasakan perlu komunikasi antarmahasiswa bahasa dan sastra Inggris se-Indonesia sehingga diadakanlah pertemuan rutin setiap dua tahun sekali dengan tujuan untuk mempererat hubungan persaudaraan/silaturrahmi dan saling tukar informasi antarmahasiswa jurusan bahasa dan sastra Inggris se-Indonesia dan daerah serta perguruan tinggi yang berbeda. Juga, untuk pengembangan ilmu pengetahun dan kebudayaan seiring dengan perkembangan bangsa. Pertemuan ini selanjutnya dikenal dengan Temu Kerja Komparatif (TKK). Temu Kerja Komparatif inilah sebagai cikal bakal lahirnya Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia (HIMABSII).

Pada tanggal 21-27 Mei 1993, dalam Temu Kerja Komparatif (TKK) IV mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Inggris se-Indonesia di Universitas Hasanuddin Ujung Pandang disepakati beberapa hal yaitu pembentukan Himpunanan Mahasiswa Sastra Inggris se-Indonesia (HIMSII), penetapan AD/ART HIMSII, dan menunjuk Ikatan Mahasiswa Sastra Inggris (IMSI) Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai penyelenggara Musyawarah Nasional (Munas) I di Medan.

Pada tanggal 1-8 Mei 1995 diadakan Musyawarah Nasional I HIMSII di USU Medan yang dihadiri 11 perguruan tinggi se-Indonesia (UGM, UNS, UI, UNAND, USU, UBH, UNIKA ST. THOMAS, UNHAS, UNDIP dan UNIVERSITAS DHARMA AGUNG). Dalam Munas I ini disepakati pendirian HIMSII pada tanggal 23 Mei 1993 di Ujung Pandang dan disahkan pada tanggal 4 Mei 1995. Pada saat yang bersamaan, ditetapkan Badan Pimpinan HIMSII Periode 1995-1997 sebagai berikut:

Ketua Umum : Agus Dwi Priyanto (UNS)
Sekretaris Umum : Ari Susanti
Bendahara Umum : Faisal (UNS)

Kepengurusan periode ini berusaha untuk menjalankan roda organisasi tapi komunikasi dan masalah keungan menjadi kendala utama bagi HIMSII ditambah belum adanya legalisasi dari DIKTI. Selanjutnya, pada tanggal 26 Februari - 3 Maret 1997 diadakan kembali Musyawarah Nasional II HIMSII oleh Ikatan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (IMAJI) Fakultas Sastra UGM Yogyakarta sebagaimana ditetapkan dalam Munas I di Medan. Pertemuan ini dihadiri oleh 15 utusan perguruan tinggi se-Indonesia dan terpilih susunan Badan Pelaksana Nasional HIMSII Periode 1997-1999 sebagai berikut:

Ketua Umum : Putra Dewangga (UNAND)
Sekretaris Umum : Armdy (UNAND)
Wakil Sekretaris Umum : Sandra Nahdar (UNAND)
Bendahara Umum : Tommy (UNS)
Wakil Bendahara Umum : Benny Kurniawan (UNAND)

Pengurus periode ini lebih menekankan pada konsolidasi dan sosialisasi serta kaderisasi HIMSII. Namun, gejolak ekonomi dan politik berskala nasional di akhir tahun 1997 dan sepanjang tahun 1998 sampai selesainya pemilu 1999 membuat organisasi ini sedikit vakum.

Pada tanggal 24-26 Oktober 1999, Munas III HIMSII diadakan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (HIMASING) UBH yang dihadiri 17 perguruan tinggi se-Indonesia. Sejak Munas III, terjadi perubahan nama HIMSII menjadi Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris se-Indonesia (HIMABSII) karenanya masuknya FKIP jurusan bahasa Inggris ke dalam HIMSII disamping pembagian wilayah HIMSII berdasarkan propinsi yang ada di Republik Indonesia (sebelumnya dibagi atas wilayah I, II, III dan IV berdasarkan kondisi regional anggota) dan ditetapkannya Universitas Sanata Dharma sebagai penyelenggara Munas IV. Susunan Pengurus Periode ini sebagai berikut:

Ketua Umum : Citra Ayu (UBH)
Sekretaris Umum : Dedy Kurniawan (UNAND)
Irvantra Padang (UNAND ) hasil reshuffle
Bendahara Umum : Bakri Yusuf (UBH)

2 tahun kemudian, diselenggarakan Munas IV di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan terbentuk sususan kepengurusan sebagai berikut:

Ketua Umum : Fima Rosyidah (UNY)
Sekretaris Umum : Bambang Teja Basuki (UNY)
Sekretaris I : Oktarianti (UGM)
Bendahara Umum : Alloysius Ditto (USD)
Koordinator Pengembangan Organisasi : Bonivasius DP (USD)
Koordinator kajian dan Informasi : Indrastuti (UNAIR)
Koordinator Pengabdian Masyarakat : Eri Kurniawan (UPI)
Koordinator Pendanaan Organisasi : Iis Rohlia (UAD)

Sebagaimana direkomendasikan dalam Munas IV HIMABSII, maka pada tanggal 15-17 September 2003 diadakan Munas V di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang diselenggarakan oleh English Students’ Association. Munas V ini dikikuti 16 perguruan tinggi (40 peserta).

Beberapa keputusan yang dihasilkan dalam Munas V di Bandung, antara lain:

1. Penetapan Ketua Dewan Pimpinan Pusat HIMABSII Periode 2003/2005 yang diketuai oleh Jaka Pratama dari Universitas Pendidikan Indonesia
2. Penetapan Ketua Dewan Pengawas Periode 2003/2005 yang diketuai oleh Jaswadi dari Universitas Negeri Jember
3. Penetapan Munas VI HIMABSII di Propinsi Jawa Timur dengan tuan rumah Universitas Negeri Jember
4. Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Garis Besar Haluan Organisasi Periode 2003/2005 serta rekomendasi dari peserta Munas V.

Susunan Pengurus HIMABSII Periode 2003/2005 adalah sebagai berikut:

Ketua : Jaka Pratama (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sekretaris : Nurul Anwar (Universitas Islam Nusantara)
Bendahara : Wilan Nurhayati (STKIP Bale Bandung)
Kadiv. Kesekretariatan : Arie Firmansyah
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Kadiv. DPO : Deden Rahmat Hidayat
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Kadiv Danus : Zulkifli (Universitas Sumatera Utara)
Kadiv Komunikasi : Andika Priadi Putra (Universitas Sanata Dharma)

Pada tanggal 3-4 Maret 2004 Dewan Pimpinan Pusat melaksanakan Musyawarah Kerja Nasional V di Universsitas Islam Nusantara dan dihadiri oleh 22 universitas se-Indonesia. Pada periode inilah cita-cita panjang HIMABSII terwujud yaitu terbitnya SK HIMABSII sebagai satu-satunya himpunan mahasiswa yang mewadahi seluruh hima/hmj bahasa Inggris se-Indonesia dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi

Pada tanggal 23-26 September kembali digelar Musyawarah Nasional VI HIMABSII di Universitas Jember Jawa Timur oleh English Departmen Student Association (EDSA) Universitas Jember seperti yang direkomendasikan pada Munas sebelumnya. Peserta yang hadir pada penyelenggaran Munas VI terdiri dari 25 utusan perguruan tinggi se-Indonesia.

Keputusan-keputusan yang ditetepakan dalam Munas VI HIMABSII antara lain:

1. Penetapan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HIMABSII Periode 2005-2007 yang diketuai oleh Widi Najmuddin dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
2. Penetapan Ketua Dewan Pengawas Nasional HIMABSII Periode 2005-2005 yang diketuai oleh Yusradi Usman Al-Gayoni dari Universitas Sumatera Utara (USU)
3. Penyelenggaran Munas VII HIMABSII di pulau Sulawesi

Pada periode ini, terbentuk empat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) baru di Indonesia (sebelumnya hanya terdapat dua DPD: DPD Propinsi Jawa Barat dan DPD Propinsi Jawa Tengah) yaitu DPD HIMABSII Propinsi Sumatera Utara, DPD HIMABSII Propinsi DKI Jakarta, DPD HIMABSII Propinsi Kalimantan Tengah dan DPD HIMABSII Propinsi Kalimatan Selatan. Juga, terlaksananya Seminar & Lokakarya Nasional HIMABSII yang diadakan di Universitas Negeri Jakarta, tanggal 4-6 Desember 2006 untuk membahas AD ART HIMABSII

Tanggal 6-9 September 2009, kembali dilangsungkan Munas VII di Palu sebagaimana hasil Munas VI Jember di atas. Beberapa ketetapan yang dihasilkan dalam Munas ini, antara lain:
1. Penetapan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HIMABSII Periode 2007-2009 oleh Adli Azhari Rokan dari Universitas Sumatera Utara (USU)
2. Penetapan Ketua Dewan Pengawas Nasional HIMABSII Periode 2005-2005 oleh Tazzaka Singgih dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
3. Universitas Syiahkuala sebagai penyelenggara Musyawarah Nasional VIII HIMABSII pada bulan September 2009 di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam

Dalam perjalanannya, karena kesibukan dan tidak bisa fokusnya Ketua DPP; Adli Azhari Rokan, sehingga terjadi pengalihan tugas kepada Feragiarti (sebelumnya Sekretaris) sebagai pelaksana tugas ketua. Pada periode ini, juga terbentuk 2 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) baru di Indonesia, yang salah satunya adalah DPD HIMABSII Propinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kemungkinan, masih ada lagi terbentuk DPD baru di daerah. Selain itu, terjadi pengunduran dan pergantian tempat Munas VIII dari Aceh ke Banjarmasin. Pergantian ini akibat ketidaksiapan panitia Munas di Aceh. Munas VIII ini insyaAllah akan diadakan di Gedung Kopertis UNISKA, tanggal 6 April 2010, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Referensi:
o LPJ Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Periode 2003 – 2005
o Media Komunikasi HIMABSII
o Mengenal HIMABSII Dari Dekat (Jaka Pratama & Arie Firmansyah)
o Perjalanan Panjang HIMABSII di Indonesia (Yusradi Usman al-Gayoni)
o Musyawarah Nasional VI HIMABSII (Yusradi Usman al-Gayoni)
o HIMABSII & Musyawarah VII Palu (Yusradi Usman al-Gayoni)
o LPJ Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Periode 2005 – 2007
o HIMABSII & Menejemen Dalam Konteks Kekinian EDSA (HMJ Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah) (Yusradi Usman al-Gayoni)
o Sejarah Singkat HIMABSII (Adli Azhari Rokan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar